Tuesday, February 21, 2006

Belajar Tiada Henti

Saya membaca sebuah tulisan di Majalah Swa tanggal 26 Januari 2006 judulnya Belajar Tiada Henti. Terus saya sedikit bermimpi dengan mengubah beberapa kata yang tertulis jadi seperti ini :

Bagi kami yang menekuni profesi Codeman, belajar bisa dibilang bagian dari tugas. Sebagai Codeman yang bertugas di Psk Dpl, kewajiban kami tidak hanya kirim dan terima berita rahasia saja, tapi yang tak kalah penting adalah belajar. Tugas belajar ini harus terus dijalankan agar kami bisa selalu update dengan hal baru.

Ada tiga pilar pendidikan yang kami kejar, yaitu skill, knowledge, dan attitude. Di bidang skill, kami ingin menjadi Codeman Psk terampil dalam melakukan tugas primer, yang meliputi transmisi berita, membuka/menyandi berita, dan pengamanan informasi. Di bidang knowledge, kami tentu harus mendalami teori dan konsep teknologi informasi dan komunikasi, counter intelligent, serta analisis kriptografi. Adapun attitude, kami ingin menjadi insan yang mampu bersikap positif dan optimistis sehingga punya keinginan terus maju dan berprestasi.

Dalam rangka asah terampil di bidang skill, pekan lalu kami mengundang Bruce Schneier dan Redaktur Pelaksana Info Guard untuk berbagi pengalaman dalam melakukan pengamanan informasi. Kami akui, skill kami di bidang ini masih hijau. Diskusi dengan mereka yang berlangsung santai dan penuh canda ini merupakan lanjutan dari diskusi-­diskusi serupa dengan sumber yang berbeda. Sebelumnya kami pernah mengundang Direktur Telsy S.p.A, Direktur Crypto AG dan Direktur Mils Electronic untuk berbagi teori dan pengalaman di bidang pengamanan informasi.

Dengan seringnya mengadakan diskusi pengamanan informasi, harapan kami, kami dapat belajar cara-cara mengamankan informasi dengan teknologi yang tepat sehingga tujuan pengamanan tercapai.

Masih dalam program asah terampil, secara berjadwal kami juga ……….

Sayub-sayub terdengar Pah….. Pah…. tidurnya jangan di depan komputer…. nanti masuk angin loh. Ternyata anak saya yang tertua meminta saya pindah tidur ke kamar jangan di depan komputer.

No comments: