Wednesday, January 10, 2007

Citra bangsa Indonesia

Akhir tahun 2006 Indonesia telah jauh lebih maju ......

Jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Walaupun bencana silih berganti menghantam bumi Indonesia, namun tidak membuat bangsa ini menjadi terus-menerus bersedih dan terpuruk. Bangsa Indonesia tidak memperingati bencana dengan air mata, namun dengan semangat membangun yang menyala-nyala.

Tapi itu adalah kisah para anak negeri, bukan kisah para elit negeri.

Kisah elit negeri adalah kisah tentang betapa nikmatnya anggaran negara yang dapat dikantongi, baik dikantongi secara legal maupun secara tidak legal alias dilegal-legalkan supaya tampak legal. Yah... kan bisa-bisanya para elit itu bikin aturan. Pokoknya, mana yang enak aja buat elit, itu yang dibuat. Jadi jangan tanyaken kenapa anak negeri pade kuat menerima kerasnya kehidupan.

Kisah para perantau negeri lain lagi, mereka (sebagian besar loh) berjuang keras membangun citra negeri agar tidak buruk-buruk amat. Soalnya kalau citra negerinya buruk, berarti citra dirinya juga ikutan buruk.

Namun karena promosi yang gencar adalah tentang "Indonesia yang buruk", juga opini yang dikembangkan dan bernilai jual adalah tentang "Indonesia yang buruk" maka sayang sekali jutaan anak bangsa sendiri menjadi tidak pede dengan ke-Indonesiaan-nya.

jagalah citra jangan kau nodai

jagalah citra jangan kau sakiti

sebab membangun citra membutuhkan usaha yang keras

tapi menjaga citra jauh membutuhkan usaha yang lebih keras.

---eh kok mirip nyanyiannya Aa MQ---

1 comment:

dewy_sayang inul said...

hahaha.... jadi AA sittanto donk..?? ihik... eh, trima kasih ya boss...!!! dah mau buka dan coment di blog punya Q... padahal lom selesai smua'y lho... aQ males nge updatenya.. hik..hik...
aQ suka baca blog ini, bagus dech..!! :)