Friday, December 22, 2006

Hidup penuh keluhan dan tuntutan

roma, sugianto. Johan merasakan sekali perbedaan bila bertemu dengan orang sukses dan dengan orang yang tidak sukses. Tentunya ukuran sukses atau tidaknya tergantung dari sudut pandang dan sangat subjektif sekali. Yang Johan maksudkan dengan bertemu dengan orang sukses adalah bertemu dengan mantan Presiden RI BJ Habibie.

Saat bertemu dan mendengarkan Pak Habibie bicara, terasa sekali atmosfir positif dan optimisme yang sangat menginspirasi semangat untuk maju. Beliau bercerita panjang lebar mengenai harapannya terhadap Indonesia di masa depan. Saat Johan bertemu beliau, saat itu usianya 69 tahun. Namun beliau masih punya banyak sekali harapan, dan dengan optimis beliau bercerita mengenai harapannya itu. Salah satunya adalah di ulang tahunnya yang ke 70 beliau merencanakan akan menerbitkan sebuah buku. Saat ini bukunya yang kontroversial telah terbit.

Johan mengingat-ingat bahwa dalam buku-buku cerita sukses, diantaranya ditulis oleh Maxwell dan Dale Carnegie, disebutkan bahwa ciri-ciri orang sukses adalah mempunyai banyak harapan, memiliki sikap mental positif, optimis dan selalu berfikir solusi. Kebalikannya adalah ciri-ciri orang yang tidak sukses.

Dalam kehidupan sehari-hari dimana Johan bekerja, ciri-ciri orang sukses seperti disebut oleh Maxwell dan Dale Carnegie tidak sampai hitungan satu telapak tangan. Johan berusaha menyangkal hal tersebut dan ingin membuktikan bahwa itu tidak benar tapi apa yang Johan dengar :

- Duduk di ruang depan kantornya, Johan mendengar orang mengeluh tentang debu.

- Ditangga Johan bertemu seorang pegawai yang mengeluh tentang betapa bertubi-tubinya pekerjaan yang harus dia kerjakan, sementara upah lemburnya diputong.

- Di pos jaga Johan pun mendengar keluhan seorang pegawai yang minta libur.

- Dilain tempat, Johan pun mendengar seorang pegawai yang mengeluh tentang bawahannya.

- Lain tempat lagi Johan mendengar keluhan seorang pegawai tentang atasannya.

Ternyata dalam kehidupan nyata sehari-hari Johan banyak sekali menemui keluhan. Ada yang sekedar mengeluh dan tidak ingin penyelesaian. Ada juga yang mengeluh dengan tuntutan. Tentunya tuntutan agar orang lain menyelesaikan masalahnya.

Bekerja ditengah orang-orang yang lebih senang mengeluh dan menuntut, membuat Johan merasa perlu membentengi diri dengan membaca hal-hal yang menginspirasi. Johan tahu persis bahwa lingkungan negatif akan mudah mempengaruhi pikirannya bila tidak secara sadar dibentengi dengan hal-hal positif.

“Bila seseorang mulai menuntut dan mengeluh terhadap suatu masalah, maka akan semakin banyak masalah yang perlu dituntut dan dikeluhkan.” -zig ziglar-

2 comments:

ario dipoyono said...

selamat tahun baru 2007

Aris Heru Utomo said...

Anto, mungkin ada baiknya Johan belajar pula dari Perum Pegadaian yang memiliki moto "Menyelesaikan masalah tanpa masalah". Salam et bonne anne.