Sunday, March 11, 2007

Banyak acara tapi kosong

Many channels but nothing to watch, itulah yang diungkapkan oleh para pengamat TV di dunia. Tentu masih teringat 3 dekade lalu saat saluran TV hanya ada satu, sehingga ketika program acara yang ditawarkan tidak kita sukai maka pilihannya adalah matikan TV.

Kini di era HDTV dan TV flat, saluran TV dari berbagai Perusahaan siaran TV sangat banyak dan beragam. Sehingga pilihan acaranya pun sangat banyak, tidak lagi ditonton atau dimatikan. Namun dari sekian banyak pilihan acara, hampir semuanya bermuara pada acara yang dikemas dengan bentuk hiburan yang “kosong”.

Dan dari hasil rating acara TV, memang acara yang dikemas sebagai hiburan kosong lah yang paling digemari. Siaran Berita yang digemari adalah berita kriminal yang sangat detail atau informasi para selebritis yang sedang dilanda kekacauan hidup atau berita negatif lainnya. Talk Show yang digemari adalah talk show yang tidak serius. Kuiz yang digemari adalah kuiz yang ringan dengan hadiah spektakuler, dan sebagainya

Acara hiburan yang ditampilkan serius seperti konser, acara pendidikan, berita pembangunan atau hal-hal positif, memperoleh rating sangat kecil alias tidak digemari pemirsa.

Mencermati fenomena tersebut, tentunya nasehat Dale Carnegie sangat bermanfaat : “bila anda ingin sukses, langkah pertama adalah matikan TV”. -antz-

No comments: