Wednesday, April 04, 2007

Dialog imajiner di Hari Persandian RI

Pada hari yang cerah dengan suhu berkisar antara 18 – 20 derajat tanpa angin, tanggal 4 April yang merupakan hari Persandian RI, Johan mengundang kawan-kawan alumni Instituto Chriptografia untuk memperingati dan berdialog dalam suasana santai dengan topik yang cukup serius yaitu : Pendidikan dan sertifikasi berjenjang bagi para Kriptografer.

Kebetulan rumah Johan mempunyai halaman yang cukup luas dan ditumbuhi dengan pepohonan yang rindang sehingga memungkinkan peringatan Hari Persandian dilangsungkan sambil ber-BBQ memanggang ikan Orata, iga kambing dan paha ayam. Menu pendampingnya adalah gado-gado ala mbok Darmi di Tanah Abang.

Hadir memenuhi undangan Johan sekitar 50 orang kawannya, yang diantaranya telah menjabat di posisi-posisi penting pemerintahan.

Tepat jam 10.00 acara dibuka oleh Johan : Pertama-tama saya ucapkan terima kasih atas kehadiran kawan-kawan dalam Peringatan Hari Persandian RI ke-61 di rumah saya yang sederhana ini. Alasan saya menyelenggarakan peringatan ini adalah atas anjuran senior kita, Ascanio, yang saat ini telah menjabat sebagai direktur keamanan informasi di Badan Kerjasama Indonesia - Eropa.

Agar peringatan kita ini bermanfaat dengan memberikan sedikit sumbangan pikiran untuk kemajuan Persandian RI kita tercinta ini, maka dicetuskanlah acara dialog informal tentang pendidikan dan sertifikasi lanjutan bagi Kriptografer.

Seperti dirasakan bersama, ilmu pengetahuan dan teknologi komunikasi berkembang sangat pesat dalam hitungan waktu yang semakin singkat, sehingga mau tidak mau, ilmu yang pernah kita dapatkan menjadi cepat usang. Walaupun kita senantiasa belajar secara mandiri melalui berbagai literatur dan kasus demi kasus dalam pekerjaan kita, namun dalam lingkungan Kepegawaian di negeri kita, pendidikan dan sertifikasi keahlian yang bersifat formal masih diperlukan.

Untuk itu saya undang untuk berbicara, kawan kita, Tiberino, yang saat ini menjabat Direktur Pendidikan dan Pelatihan di Instituto Chiptografia. -antz-

2 comments:

Aris Heru Utomo said...

wah senangnya kok berimajiner. kesimpulannya nanti imajiner juga lho hehehehehe btw AS Roma malam ini mainnya hebat, MU sampai kalah 2-1 hehehehe gak nyambung yach komennya. Wokeh deh selamat ultah (ucapan ini gak imajiner tapi real). Salam

Sugianto dan Sitta said...

he he he he
notulennya udah kembali ke alam nyata, jadi dialog imajiner yg ini gak ada sambungannya. padahal belum selesai nih liputannya