Monday, July 16, 2007

Membeli sesuai kebutuhan


Inilah telepon seluler milik saya, kuno ya ?! Saya bertahan dengan telepon seluler itu selama 6 tahun. Berusaha bertahan dari membeli karena “lapar mata”. Sampai saat ini saya masih berusaha membeli gadget hanya yang sesuai dengan kebutuhan, bukan sesuai dengan banyaknya uang yang ada di kantong.

Saya adalah karyawan dengan kebutuhan telepon seluler hanya untuk bertelepon dan ber-sms. Jadi saya berusaha tidak ikut-ikutan memperebutkan iphone yang baru muncul dan diantri berjam-jam oleh penggemar gadget teranyar di hari pertamanya muncul di pasar. (ini salah satu alasan resmi, alasan aslinya sih gak punya uang lebih untuk beli gituan ha ha ha ha ha, masih ada prioritas lain)

Aahh …… jadi ingat, dalam PNS kan berlaku “yang penting ada anggarannya ! Apakah pembelian barang itu bermanfaat atau tidak, efisien atau tidak itu urusan belakang.”

Misal bos eselon sekian membutuhkan notebook, dan anggaran yang disediakan katakanlah 4,000 dolar AS. Ya belilah yang seharga itu ! Walaupun untuk kebutuhan bos yang misalnya hanya untuk ber-internet, mencek e-mail, presentasi dan office / kesekretariatan ada notebook yang cocok seharga 700 dolar AS.

Juga ada pemeo “kalo masih ada anggarannya, kenapa musti dihemat” akhirnya pemborosan di sektor atk, listrik, telepon, air, pemeliharaan gedung ataupun pembelian inventaris. Nanti begitu ada barang atau aset kantor yang benar-benar rusak, anggarannya tidak ada karena sudah habis.

Tidak kalah populernya adalah “studi banding dan sosialisasi” ke luar negeri. Biasanya dua kegiatan itu kalau normal paling banyak 4 orang, namun dengan semangat “ada anggarannya” maka jumlah pesertanya bak pemain bola kesebelasan yang mau latih tanding, bukan dilapangan bola, tapi di butik-butik terkenal di luar negeri. (eit jangan sinis gitu donk… mereka juga manusia !)

Susah memang menahan diri untuk hanya membeli yang dibutuhkan dan mengambil hanya yang diperlukan …… mata ini selalu lapar ! pantas Rasululloh secara berulangkali memberi contoh untuk hanya makan disaat lapar dan berhenti sebelum kenyang.-antz-

No comments: