Friday, November 17, 2006

Promosi Citra

Roma, Sugianto. Dalam berinteraksi sosial, citra seseorang selalu menjadi bahan pertimbangan untuk hubungan lebih lanjut. Begitu pula citra sebuah negara. Dalam pergaulan internasional citra sebuah negara akan berpengaruh pada warga negaranya saat berada di luar negeri. Begitu pula warga negara lain akan melihat citra sebuah negara yang akan dikunjunginya baik sekedar kunjungan wisata ataupun kunjungan bersifat ekonomi.

Apa yang mempengaruhi citra sebuah negara ? Opini !

Ya, opini akan berpengaruh besar dalam membentuk citra sebuah negara. Sebuah negara yang diberitakan secara terus menerus dalam posisi jelek akan terbentuk citra yang jelek dimata internasional. Begitu pula sebaliknya.

Promosi citra sesungguhnya adalah pertarungan opini baik di luar maupun di dalam negeri. Pembentukan opini positif yang terus menerus di dalam negeri akan mengimbas pada opini di luar negeri yang positif pula. Begitu pula bila sebaliknya, opini di luar negeri selalu mengikuti opini di dalam negeri.

Untuk membuat opini positif yang terus menerus, maka dibutuhkan kerjasama dan koordinasi dari semua pihak baik pemerintah, swasta, kelompok maupun perorangan untuk terus menerus berperilaku positif. Bila tidak, maka negara hanya akan menemukan tugas para promotor citra di luar negeri yang hipokrit, yang menisbikan keadaan di dalam negerinya.

Jadi pertanyaannya adalah “apakah sebuah kepercayaan itu diminta atau diberikan ?” karena citra adalah bentuk lain dari kepercayaan.

4 comments:

Agusti Anwar said...

Wah Mas Sugianto yang di Roma asyik ngeblog juga...dan Aris Brussels. Sepertinya semakin banyak kita-kita yang punya blog. Ayo siapa yang bisa bikin aggregator untuk warga kita ini? Salam dari LA, Anwar. http://justanwar.blogspot.com dan http://agustianwar.multiply.com.

Aris Heru Utomo said...

Ayo To tantangan mas Anwar dijawab, kan bisa menaikkan citra warga kita juga. Salam dari Aris Brussel

Sugianto dan Sitta said...

Mas Anwar.... saya mau komen di blog multiply (kemarin yg saya tau yg itu) susah.... padahal mau tanya kabar. Sudah di LA rupanya. Salam buat keluarga disana dari keluarga di Roma

Sugianto dan Sitta said...

Sip Mas Aris.... mudah-mudahan bisa. Salam pro keluarga. Kapan ke Roma, mumpung masih setahun lagi nih ?