Tuesday, November 28, 2006

Kota Vatikan

Dominik, kawan lama Johan di Jakarta, akan berdinas di Roma selama 5 hari. Dia mendapat undangan untuk meninjau sebuah UKM (usaha kecil dan menengah) yang memproduksi kerajinan kulit. Dominik berminat sekali untuk memproses kulit menjadi sehalus buatan Italia.

Dalam kunjungannya ini Dominik ingin sekali melihat Vatican City. Namun dia tidak mengetahui dimana sih sesungguhnya Vatican City itu ?

Kebetulan dia mempunyai seorang kawan yang tinggal di Roma, maka diapun mengontak Johan, untuk mencari tahu dimana Vatican City itu.

Vatican menjadi negara tersendiri (disebut Vatican City) sejak tahun 1929 ketika perjanjian Lateran ditetapkan dalam “Roman Issue” antara Gereja dan Republik Italia. Luas kota Vatican sekitar 40 hektar dan berada dalam kota Roma. Penduduknya sekitar 1000 jiwa.

Untuk menuju Vatican dibutuhkan visa Italia (scengen) karena anda akan mendarat di bandara kota Roma (bandara Fiumicino). Objek wisata di kota Vatikan adalah Gereja San Pietro (St Peter’s Basilica), didalamnya kita dapat melihat Tomb of St. Peter, Sacred Grotos, museum Vatikan, Michelangelo’s Dome setinggi 136 m dan The Swiss Guard (tentara kota Vatikan dengan seragam garis-garis berwarna oranye dan biru).


Dalam foto adalah gerbang menuju kota Vatikan, untuk dapat masuk ke gerbang itu membutuhkan surat ijin khusus. Dan tembok yang memanjang adalah batas kota Vatican dari sisi sebelah Barat.

2 comments:

Aris Heru Utomo said...

To, KBRI Vatican ada di dalam tembok tsb?

Sugianto dan Sitta said...

KBRI Vatican berada di kota Roma, tidak berada di dalam kota Vatican.

Namun mereka tentu sering masuk kedalam kota Vatican karena mereka punya ID Vatican.