Monday, September 03, 2007

Kembali bekerja kembali macet

Hari ini keadaan kota Roma sudah normal kembali. Yang ditandai dengan macetnya jalan Prati Fiscali. Yah… jalan itu adalah jalan tersingkat dan tercepat dari rumah ke kantor bila dilalui pada hari Sabtu atau Minggu. Tapi merupakan jalan terlama bila dilalui pada hari kerja, karena lebih dari 30 menit saya habiskan untuk melewati jalan sepanjang 2 km itu.

Bulan Juli dan Agustus merupakan bulan liburan bagi orang-orang di Roma atau Italia secara umum. Bulan itu juga merupakan bulan diskon di setiap toko dari tanggal 14 Juli sampai 14 Agustus. Baik diskon beneran ataupun diskon boongan. Kadang ada toko yang nakal dengan menaikkan harga dulu kemudian dicoret dan harga diskonnya sama saja dengan harga sebelumnya. Tapi hanya di beberapa toko saja.

Pada bulan itu suasana jalan raya yang biasanya macet menjadi sedikit longgar. Malahan dari tanggal 15 Agustus sampai 1 September jalanan menjadi lebih sepi lagi. Hampir semua kantor libur karena karyawannya sebagian bersar cuti.

Bila kita mengadakan kegiatan pada bulan itu, hampir dipastikan pengunjungnya sedikit. Atau mencari bahan-bahan penunjang kegiatannya sudah sulit. Sehingga semua kegiatan yang jatuh pada bulan Juli dan Agustus pasti digeser menjadi bulan sebelumnya atau sesudahnya.

Iseng-iseng saya tanya ke beberapa orang Italia, kenapa sih mereka hampir serentak cuti di bulan itu. Menurut orang-orang itu pada bulan-bulan ini cuaca sangat panas, sehingga fisik dan pikiran tidak dapat secara penuh berkonsentrasi. Nah daripada bekerja setengah-setengah, maka mereka memilih cuti saja agar tidak mengganggu pekerjaan dan dirinya sendiri. …… ooo gitu toh ……

No comments: