Sunday, September 09, 2007

La Notte Bianca : Malam begadangan

Mengakhiri musim panas, di Italia ada tradisi yang disebut La Notte Bianca atau malam begadangan. Tahun ini malam begadangan di Roma jatuh pada tgl 8 September 2007.


Pada malam itu banyak sekali organisasi yang mengadakan acara khusus dari mulai jam 20 sampai jam 3 dini hari. Misalnya di via Veneto --jalannya kaum elit dan sangat terkenal di Roma karena banyaknya orang-orang jetset yang konkow disitu-- ditutup karena ada panggung tarian. Selain itu ada pameran Vespa dari Piaggio. Vespa dari jaman dulu sampe Vespa tahun 1985-an.

Di piazza Spagna ribuan orang memadati jalan dan lapangan di sana. Jangan harap kendaraan bisa lewat. Penuh nuh……

Di dekat lapangan Circo Massimo tepatnya di Giardino degli Aranci Piazza Pietro D’Illiria juga diadakan acara Begadangan dengan nama Notte D’Oriente.

Di acara Notte D’Oriente pada jam 21.45 digelar tari Topeng Bali dengan judul “L’incredibile storia del re Bedahulu” dengan penari Enrico Masseroli seorang Italia. Dan jam 1.45 dini hari tari Bali dengan judul “Legong, Jauk, Pelegongan” dengan penari Ni Nyoman Inten Sriasih seorang Bali tulen.

Ditempat-tempat lain seperti di Castel Angelo, pinggiran sungai jalan Transtevere, di Piazza Venezia, disamping Coloseo juga ada acara-acara lainnya. Saya gak bisa memantau acara itu semua karena jalan-jalannya tertutup ribuan (atau jutaan ya?) orang yang begadangan. -antz-

No comments: