Monday, September 18, 2006

Kehebatan seorang anak

Hari ini sudah hari keempat Cleoputri masuk sekolah di TK Regina Elena. Walaupun dari rumah dia sangat antusias untuk sekolah, tetapi sampai di sekolah dia malah menangis. Hal yang wajar dalam penyesuaian lingkungan. Lambat laun dia akan belajar beradaptasi dengan lingkungan barunya. Maklum ini adalah kegiatan luar rumah pertama dalam hidupnya.

Kakaknya pun walau sudah 3 tahun bersekolah di TK, saat memasuki lingkungan baru sekolah dasar cukup tertekan. Lagi pula ini sekolah dengan bahasa yang berbeda dengan bahasa ibu, karena kami sekolahkan mereka di sekolah negeri di Roma, Italia. Dan tentunya dengan bahasa pengantar sehari-hari bahasa Italia.

Dua tahun yang lalu, saat kami baru saja pindah ke Roma, anak kami yang tertua masih SD kelas 1. Terlihat sekali dia tidak bisa bermain dengan teman-temannya karena tidak mengerti bahasa dan kebiasaan anak-anak disini. Tetapi semua itu hanya berlangsung sebentar saja. Setelah itu mereka dengan kecepatan amat menakjubkan dapat beradaptasi dengan bahasa dan budaya lingkungannya.

Sungguh mengagumkan proses perkembangan anak-anak. Banyak hal yang dapat dipelajari orang dewasa dari proses tumbuh dan berkembangnya anak-anak. -sugianto-

No comments: